Rapat Pembahasan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Tahun 2019

Kamis, 24 Januari 2019 | 12:13:30   Dibaca: 1645 kali

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau melalui Bidang Pajak Daerah hari ini, Kamis (24/01) melakukan pertemuan dengan sejumlah pimpina dan perwakilan dealer kendaraan bermotor di Kota Pekanbaru.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Bidang Pajak Daerah, Ispan Syahputra, Kepala Sub Bidang Pajak Kendaraan Bermotor, Bambang Feriyanto, staf Sub Bidang Pajak Daerah serta pimpinan dan perwakilan seluruh dealer kendaraan bermotor di Kota Pekanbaru.

Pertemuan tersebut dilaksanakan untuk merespon permintaan data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) tahun pembuatan dan penjualan tahun 2019, yang belum diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor tahun 2019.

Selain untuk merespon persoalan terkait NJKB, pertemuan ini juga sebagai pembuka komunikasi di awal tahun 2019 dan mempererat jalinan koordinasi  untuk memperkuat kemitraan antara Bapenda Provinsi Riau dengan dunia usaha, khususnya di bidang penjualan kendaraan bermotor.

Kepala Bidang Pajak Daerah, H. Ispan Syahputra, melalui Kepala Sub Bidang Pajak Kendaraan Bermotor, Bambang Feriyanto, menyampaikan bahwa pertemuan ini hanya sebatas koordinasi hingga terbitnya Permendagri terkait yang akan menjadi dasar hukum dalam penetapan NJKB tersebut.

“Untuk penetapan NJKB tetap menunggu terbitnya Permendagri yang mengatur hal tersebut. Namun dalam rapat ini kita mencari kesepahaman bersama agar proses penjualan kendaraan serta konsumen yang membeli kendaraan tetap dapat berjalan dengan baik, ungkapnya.

Dalam acara pertemuan yang berlangsung selama dua jam tersebut, Kasubid Pajak Kendaraan Bermotor juga menyampaikan bahwa ada point-point yang menjadi kesepahaman bersama yang nantinya akan diteruskan ke pihak Polri dan Kemendagri.

“Setiap masukan dan point kesepahaman nantinya akan kami sampaikan kepada Polri, khususnya Ditlantas Polda Riau, selaku koordinator keSamsatan di Provinsi Riau dan juga ke Kementerian Dalam Negeri" tutupnya.

 

 

Artikel

Selasa, 19 Desember 2017 - 11:25:29 WIB

Gubernur Riau: Pengelolaan DIPA Harus Transparan Dan Akuntabel

...

Selasa, 19 Desember 2017 - 09:46:34 WIB

Ka Bapenda Rencanakan Giat Opstib Tahun 2018

Pekanbaru – Kepala Bapenda Riau, Drs H Indra Putrayana M.Si merasa perlu untuk melaksanakan kembali operasi penertiban Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2018 mendatang. Hal ...