Hari Pertama Pelaksanaan Pemutihan Denda Pajak Provinsi Riau

Senin, 22 Oktober 2018 | 12:36:27   Dibaca: 393 kali

Pekanbaru - Ratusan wajib pajak pagi ini terlihat mengantri di Kantor Samsat Simpang Tiga Pekanbaru untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor miliknya. Membludaknya wajib pajak hari ini merupakan dampak dari pemberlakuan program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor yang dilaksanakan mulai hari ini, Senin (22/10).

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Pendapatan Daerah hari senin ini mulai memberlakukan Peraturan Gubernur Riau No. 19 Tentang Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor dan Penghapusan Denda Bea Balik Nama Penyerahan ke-2.

Penghapusan denda pajak ini berlaku untuk seluruh masyarakat Riau yang kendaraannya menunggak hingga 31 Maret 2018. “khusus untuk merek yang menunggak sampai akhir Maret. Jadi yang jatuh temponya di atas bulan maret 2018 ya tidak dapat penghapusan denda,” Ujar Kepala Bapenda Drs H Indra Putrayana MSi.

Sementara itu Plt Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim mengatakan bahwa Peraturan Gubernur Riau No. 19 ini terkait upaya untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah dari sector Pajak Kendaraan Bermotor.

“Sehubungan dengan dana bagi hasil migas yang saat ini masih menggantung, maka salah satu usaha pemerintah Provinsi Riau adalah dengan mengoptimalkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor yaitu dengan melakukan pemutihan denda pajak,” ujar Plt Gubri saat ditemui awak media usai acara penyerahan unit samsat keliling dari Bank Riau-Kepri.

Kepala Bapenda Drs H Indra Putrayana MSi sendiri mengaku optimis terkait target pendapatan untuk tahun 2018 ini. “saat ini realisasi sudah melebihi 80% dan kita masih ada waktu beberapa bulan ke depan untuk bekerja. Jadi kami semua optimis target tahun ini InsyaAllah bisa kita penuhi” ujarnya.

Adapun pelaksanaan pemutihan denda pajak kali ini hanya selama 5 minggu, tepatnya akan berkhir pada 30 November 2018.

 

 

Artikel

Selasa, 19 Desember 2017 - 11:25:29 WIB

Gubernur Riau: Pengelolaan DIPA Harus Transparan Dan Akuntabel

...

Selasa, 19 Desember 2017 - 09:46:34 WIB

Ka Bapenda Rencanakan Giat Opstib Tahun 2018

Pekanbaru – Kepala Bapenda Riau, Drs H Indra Putrayana M.Si merasa perlu untuk melaksanakan kembali operasi penertiban Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2018 mendatang. Hal ...