UPT Selat Panjang Gandeng Pemkab Kep Meranti Inventarisir Kilang Sagu

Senin, 19 Oktober 2020 | 02:04:21   Dibaca: 53 kali

Pekanbaru -Dalam rangka meningkatkan penerimaan daerah demi terselenggaranya urusan kepemerintahan perlu dilakukan upaya optimalisasi penerimaan dari kegiatan eksploitasi sumber daya alam (SDA).

Salah satu penerimaan daerah yang memungkinkan untuk dioptimalkan adalah pemanfaatan air permukaan (AP). Hal tersebut dikarenakan banyaknya usaha kilang sagu yang dalam pelaksanaannya banyak menggunakan air.

Mengingat besarnya potensi penerimaan daerah dari sektor Pajak Air Permukaan, Ka Bapenda melalui Ka UPT Meranti, Sudirman SH melalukan peningkatkan sinergitas dengan Pamong Praja dan seluruh Camat di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Adapun bentuk kegiatan tersebut adalah dengan melakukan reinventarisasi kilang sagu yang ada diwilayah Kabupaten Kep Meranti untuk dilakukan rekon data dengan yang dimiliki oleh UPT Selat Panjang saat ini.

Ka UPT Selat Panjang, Sudirman SH berharap dari kegiatan ini akan ada pemutakhiran data dari yang selama ini dipegang oleh pihaknya. "Sampai saat ini masih ada perusahaan yang belum transparan soal data produksi dan penggunaan air permukaan oleh perusahaannya. Jadi setelah ada inventarisasi ulang ini, semoga kita dapat angka tang real yang nantinya berimbas kepada peningkatan penerimaan daerah dari sektor pajak air permukaan kita," ujarnya.

Sekda Kab Kep Meranti, Kamsol mendukung penuh kegiatan tersebut. Karena kegiatan ini nantinya juga akan berpengaruh kepada besaran bagi hasil yang akan diterima oleh Kabupaten Kep Meranti.

Mengacu kepada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 yang salah satu ketentuannya mengatur mengenai bagi hasil antara Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mengatur besaran bagi hasil Pajak Air Permukaan dimana besaran bagi hasil untuk Provinsi sebesar 50% dan untuk Kabupaten/Kota sebesar 50%.

Artikel

Selasa, 19 Desember 2017 - 11:25:29 WIB

Gubernur Riau: Pengelolaan DIPA Harus Transparan Dan Akuntabel

...

Selasa, 19 Desember 2017 - 09:46:34 WIB

Ka Bapenda Rencanakan Giat Opstib Tahun 2018

Pekanbaru – Kepala Bapenda Riau, Drs H Indra Putrayana M.Si merasa perlu untuk melaksanakan kembali operasi penertiban Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2018 mendatang. Hal ...