Rekon Data Retribusi Daerah Bapenda Prov Riau

Kamis, 13 Februari 2020 | 03:07:53   Dibaca: 39 kali

Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau melalui Bidang Retribusi  dan PADL (Pendapatan Asli Daerah Lainnya) hari ini, Kamis (31/2) melakukan pertemuan dengan seluruh OPD pengelola objek retribusi daerah di lingkungan pemerintah Provinsi Riau. Pertemuan dilaksanakan dari jam 9 pagi hingga jam 12 siang di Aula Cempaka lantai 3 Bapenda Provinsi Riau.

Sekretaris Bapenda, Fitra Jaya Purama mewakili Kepala Bapenda membuka pertemuan tersebut. Didampingi Kabid Retribusi dan PADL Syaifun Najib, serta Kasubbid Retribusi dan PADL Ahmad Junaidi, pada kesempatan tersebut melakukan rekon progress realisasi retribusi dan PADL untuk bulan Januari 2020.

Sekretaris Bapenda menyampaikan harapannya terkait target retribusi daerah tahun 2020 yang mencapai angka 24 miliar rupiah. Untuk bisa mencapai angka tersebut, Sekretaris Bapenda menegaskan perlunya komitmen bersama dari seluruh stake holder.

Selain rekon progress realisasi retribusi dan PADL, pertemuan ini juga mengakomodir setiap rencana perubahan dan masukkan dari masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah), terkait objek retribusi yang dikelolanya. Perubahan tersebut nantinya akan dituangkan dalam perubahan Peraturan Daerah Provinsi Riau terkait retribusi yang rencananya akan disusun dalam waktu dekat ini.

Kabid Retribusi dan PADL Syaifun Najib, melalui  Kasubbid Retribusi dan PADL Ahmad Junaidi mengungkapkan setiap perubahan itu akan menjadi masukkan positif dalam rangka optimalisasi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Provinsi Riau. Hal itu sejalan dengan rencana Bapenda Prov Riau yang akan melakukan perubahan Perda Retribusi Daerah pada tahun ini.

“Perubahan Perda ini memang sudah kami agendakan dari awal tahun. Kami berharap dengan perubahan ini, PAD dari sektor retribusi  bisa semakin optimal. Melalui forum inilah kita juga meminta masukan dari teman-teman OPD lain terkait apa saja hal-hal yang dianggap perlu untuk dioptimalkan,” ungkapnya.

Ahmad Junaidi juga mengataka bahwa dalam waktu dekat ini, Bapenda akan segera melakukan perubahan tarif retribusi . “naskah akademisnya sudah ada. Nanti pelan-pelan tarif-tarif tersebut akan kita susun dan sesuaikan kembali dengan kondisi terkini” lanjutnya.

Lebih lanjut Ahmad Junaidi mengatakan forum OPD ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulannya. “nantinya setiap bulan kita akan bertemu denga teman-teman dari OPD ini. kita akan bekerja bersama-sama yang tujuannya adalah satu, yaitu peningkatan PAD Riau,” tutupnya.

 

 

Artikel

Selasa, 19 Desember 2017 - 11:25:29 WIB

Gubernur Riau: Pengelolaan DIPA Harus Transparan Dan Akuntabel

...

Selasa, 19 Desember 2017 - 09:46:34 WIB

Ka Bapenda Rencanakan Giat Opstib Tahun 2018

Pekanbaru – Kepala Bapenda Riau, Drs H Indra Putrayana M.Si merasa perlu untuk melaksanakan kembali operasi penertiban Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2018 mendatang. Hal ...