Bapenda Komitmen Maksimalkan PAD Yang Bersumber Dari Pajak Air Permukaan

Rabu, 12 Februari 2020 | 01:46:10   Dibaca: 32 kali

Dalam rangka peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Provinsi Riau, Bapenda Provinsi Riau melalui Sekretaris Bapenda, Kabid Pajak Daerah dan staf didampingi oleh anggota DPRD komisi III dan Ka UPT Perawang beserta staf, hari Selasa (11/2) mengunjungi PT Indah Kiat Pulp & Paper yang menjadi mitra kerja Bapenda selama ini.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut kunjungan Komisi III DPRD Provinsi Riau bersama Bapenda yang dilakukan pada bulan Januari lalu. Dalam kunjungan kerja kali pihak Bapenda beserta anggota DPRD Prov Riau, Husaimi Hamidi menyaksikan secara langsung proses pemasangan segel water meter di pipa penyalur air PT IKPP. Pipa air tersebut diketahui mengalirkan air yang bersumber dari salah satu sungai besar yang ada di wilayah Perawang untuk dimanfaatkan dalam proses produksi PT IKPP.

Pemasangan segel water meter ini merupakan komitmen serta itikad baik dari pihak perusahaan dalam mendukung aturan pemerintah daerah dalam hal transparansi pembayaran pajak daerah. Diketahui selama ini pihak PT IKPP merupakan salah satu perusahaan yang taat pajak, khususnya dalam pembayaran pajak air permukaan. Dimana pihak perusahaan dengan rutin membayarkan pajaknya senilai kurang lebih 10 milyar pertahun.

Namun demikian, sebagai wajib pajak yang baik pihak PT IKPP tetap harus mendukung peraturan pemerintah terkait pemasangan segel water meter yang menjadi acuan dalam penghitungan penggunaan kubikasi air permukaan. Seperti diungkapkan oleh Sekretaris Bapenda Prov Riau Fitra Jaya Purnama melalui Kabid Pajak Daerah Drs Junaidi Saleh. “Ini sebagai tindak lanjut hubungan kerja dengan Komisi III DPRD Riau untuk mengoptimalkan pajak selama ini. Bagi setiap perusahaan kami harapkan untuk taat dan memasang water mater (flow meter) sebagai perhitungan pajak air permukaan tersebut," ujarnya.

Pemasangan segel water meter yang dilakukan oleh pihak perusahaan ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi perusahaan lain yang selama ini memanfaatkan SDA, khususnya air permukaan di wilayah Provinsi Riau.

Sementara itu ketua Komisi III DPRD Riau Husaimi Hamidi mengatakan, hal ini hendaknya menjadi contoh bagi perusahaan perusahaan lainnya yang beroperasi di wilayah Provinsi Riau.  Husaimi Hamidi juga meminta kepada setiap perusahaan yang memanfaatkan air permukaan di perusahaannya agar segera memasang water meter tersebut.

"Kita akan mengunjungi setiap perusahaan dan PT Indah Kiat ini kita jadikan barometer. Di Riau kita awali dari PT Indah Kiatt, dengan harapan dengan pemasangan ini menjadi keyakinan kita, dan yang disetorkan itu benar benar real," tutupnya. 

Artikel

Selasa, 19 Desember 2017 - 11:25:29 WIB

Gubernur Riau: Pengelolaan DIPA Harus Transparan Dan Akuntabel

...

Selasa, 19 Desember 2017 - 09:46:34 WIB

Ka Bapenda Rencanakan Giat Opstib Tahun 2018

Pekanbaru – Kepala Bapenda Riau, Drs H Indra Putrayana M.Si merasa perlu untuk melaksanakan kembali operasi penertiban Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2018 mendatang. Hal ...